Pencarian

Sejarah I Asas I Pengurus I Lembaga I UU/PP

Selamat Datang di Blog Yayasan Al Huda


Permohonan Bantuan Dana

Akibat gempa (Tasikmalaya) yang terjadi beberapa bulan yang lalu mengakibatkan ambruknya Madrasah Diniyah yayasan Al huda, Kami panitia pembangunan Madrasah Diniyah mengajak para dermawan untuk ikut berpartisipasi membangun kembali Madrasah tersebut sehingga bisa di fungsikan seperti sedia kala.
Selengkapnya baca disini

22 Juli, 2009

Sejarah Berdirinya Lembaga Pendidikan Islam Yayasan Al Huda

Sejarah Berdirinya Lembaga Pendidikan Islam Yayasan Al Huda

Asal Usul Yayasan Al Huda

Nama Al Huda berasal dari kata hudan- hidayatun yang berarti memberi petunjuk kepadanya ( Muhamad Yunus, 1973:480). Nama yang menjadi nama lembaga Al Huda ini adalah nama yang sangat berhargadan penting bagi para pendiri khususnya dan masyarakat sukajadi pada umumnya.

Nama Al Huda ini merupakan pemberian dari seorang ulama kharismatik, yaitu Syeh Masduki, seorang pengasuh pondok pesantren Jampes Jawa Timur, beliau adalah salah seorang guru dari Ky. Qowa’id.
Berdasarkan hasil wawancara pada tanggal 1 Juli 2008 dengan Ky. Masruhin yang menjadi ketua umum yayasan Al huda periode 2005-2010, beliau mengatakan : ” Nama Al Huda dulu di beri oleh Syeh Masduki, yang merupakan hasil sowan atau kunjungan Ky. Qowa’id dan Hasan Abidin ke Syeh Masduki untuk memberi nama lembaga yang didirikannya, ketika itu Syeh Masduki memberi nama yaitu Al Huda”.

Kejadian ini berlangsung sekitar tahun 1963-1964, saat itu Ky. Masruhin nyantri di pondok pesantren tersebut. Sepulang kunjugan dari Syeh Masduki nama tersebut d musyawarahkan dengan tokoh-tokoh, dan ulama di Sukajadi, maka sepakatlah Al Huda dijadikan nama lembaga pendidikan Islam di Sukajadi, yakni lembaga pendidikan Islam Al Huda.

Kronologis berdirinya lembaga pendidikan Islam Al huda.

Lembaga pendidikan Islam Al Huda Sukajadi pamarican berdiri sejak tahun 1963, di awali berdirinya Sekolah Rakyat Muhamadiyah (SRM), di desa Sukamukti (sekarang), yang di prakarsai oleh KH. Sobrowi, Ky Ismail, Ky Milatu Syamsi, dan Ky Masrur Afandi (Ky Sonatun). Di samping itu sebagai pendukung agnia terdapat H. Ali dan H. Sulaeman.

Sekolah Rakyat Muhamadiyah ini berjalan beberapa tahun hingga tahun 1964. Kemudian pada tahun 1965 sekolah ini dipindahkan ke dusun Sukasari desa Sukajadi Pamarican dan berubah nama menjadi Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA). Dari sinilah cikal bakal awal berdirinya lembaga pendidikan Islam Al Huda. ( hasil wawancara dengan H. Fathurrohman, 12 Maret 2008).
Kemudian dari sinilah terus berkembang mendirikan beberapa lembaga pendidikan Islam sebagaimana keberadaanya saat ini.

Pada mulanya lembaga pendidikan Islam yayasan Al Huda masih berbentuk Jama’ah belum terbentuk Muassasah (Yayasan), sistem pengelolaan masih bersifat lokal dan tradisional, namun dengan perkembangan zaman serta atas permintaan pemerintah (Departemen Agama), lembaga pendidikan swasta harus berbentuk Muassasah (Yayasan) sebagai salah satu syarat terhadap pengelola lembaga pendidikan Islam.

Berangkat dari hal tersebut diatas, maka kepala kepala madrasah yg bernaung di bawah lembaga pendidikan Islam Al Huda Sukajadi, yaitu :
1. Ky Tuhfah, Kepala MI Sukamukti I, Sukajadi
2. ky Nasori, Kepala MI Sukamukti III, Sukamukti
3. Drs. Udung Abdul Majid, Kepala MTs Al Huda Sukajadi
4. Drs. Darto Haryanto, Kepala MA Al Huda Sukajadi
Mengajukan permohonan kepada pengurus (pengelola lembaga) agar mendirikan sebuah yayasan yang dapat menaungi secara hukum terhadap madrasah-madrasah yang ada.

Selanjutnya para pengurus mengadakan rapat pengurus untuk mensikapi permohonan para kepala madrasah. Tepatnya pada hari Senin tanggal 31 Oktober 1988 pengurus membentuk tim sebelas, yaitu Ky Qowa’id, H. Mujabah, Ky Basyir Muzni, Ky. Tuhfah, Ky Hazunil Mahsus, Hasan Abidin, Ky, Sufyan Tsauri, Rahmat Umar Sujatman, Sodik, Saefudin dan Ishak. Tim sebelas tersebut semuanya warga desa Sukajadi kecuali H. Mujabah yang berasal dari Banjarsari. Selanjutnya Tim sebelas menghadap Notaris Ayu Maemunah, SH di Ciamis untuk mendirikan sebuah yayasan pendidikan Islam Al Huda.

Disaksikan oleh tuan Eeng Suherman dan tuan E. Muhtar. Keduanya pegawai kantor Notaris yang bertempat di ciamis sebagai saksi, mereka berikrar bersama untuk mendirikan yayasan Al Huda. Dengan demikian sejak itulah lembaga Pendidikan Islam Yayasan Al Huda Berdiri secara resmi dan di Akta Notariskan pada tanggal 31 Oktober 1988 di hadapan Notaris Ayu Maemunah, SH. Di Ciamis dengan nomer Regristrasi 032.

Pendiri Lembaga Pendidikan Islam Al Huda Sukajadi

Lembaga Pendidikan Islam Alhuda mulai dirintis sejak tahun 1964 -1965 atas prakarsa beberapa tokoh ulama dan tokoh masyarakat yang sangat peduli terhadap pendidikan Islam, antara lain:
1. Ky sobrowi
2. Ky Qowa’id
3. Ky Tuhfah
4. Ky MahsusBaidlowi
5. Ky Basyir Muzni
6. Hasan Abidin
7. H. Masduki
8. H. Ali
9. H. Mujabah
10. H. Mungin
11. Buredah
Nama-nama inilah yang menjadi perintis berdirinya lembaga pendidikan Islam Al Huda Sukajadi.

Periodesasi Kepengurusan

1. Periode 1965-1990
Ketua Umum : H. Mujabah
Ketua I : Ky Qowa’id
Ketua II : Buredah

2. Periode 1990-1995
Ketua Umum : H. Mujabah
Ketua I : Ky Qowa’id
Ketua II : Buredah

3. Periode 1995-2000
Ketua Umum : Ky Qowa’id
Ketua I : Muhadis, BA
Ketua II : Ky Masruhin

4. Periode 2000-2005
Ketua Umum : Ky Qowa’id
Ketua I : Ky Masruhin
Ketua II : Sugiono Diarjo, SPd.

5. Periode 2005-2010
Ketua Umum : Ky Masruhin
Ketua I : Syarif Hidayat, Sag.
Ketua II : Sukirman Zein,SPd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar